CONTOH SKRIPSI DKV BAB 4


BAB IV
ANALISIS SISTEM BERJALAN DAN RANCANGAN
YANG DIUSULKAN

A.          Profil Perusahaan
Orlando adalah Perusahaan yang bergerak di penjualan barang elektronik secara cash dan credit. Berbagai Barang Elektronik di jual di toko Orlando seperti : Handphone, Mesin Cuci, Kompor Gas, Kamera, VCD, DVD, Kulkas dan lain-lainnya. Toko Orlando Kalisari di didirikan oleh bapak panjaitan, yang  berdiri pada tahun 2010 tepatnya pada tanggal 28 Desember 2010, yang beralamat di di Jl. Kalisari Raya No. 90B Kel. Kalisari, Kec. Pasar Rebo , Jakarta Timur.
Toko Orlando berwirausaha dalam bidang penjualan barang-barang elektronik dan furniture sistem cash and credit. Setiap harinya Toko Orlando melayani kurang lebih 50 Konsumen.
Toko Orlando memiliki satu kepala toko cabang kalisari dan enam orang pegawai dan masing-masing pegawai memiliki jabatan-jabatan tertentu , seperti bagian kasir, bagian gudang,  dan bagian admin. Toko Orlando telah bekerja sama dengan Bank Sumsel untuk pembiayaan kredit Konsumen. Beberapa produsen elektronik pun berhasil ditangkap, antara lain Sharp, Akari, Olympic dan Uniland.

1.            Visi dan Misi Toko Orlando
a.      Visi
1.      Menjadi perusahaan Terbaik dan Nomor Satu di bidangnya, dimana unit bisnis itu berada.
2.      Peduli terhadap Kebutuhan masyarakat
b.      Misi
1.      Membangun jaringan Unit Bisnis di seluruh kota besar.
2.      Menyediakan barang terlengkap, berkualitas dan bergaransi.
3.      Meningkatkan kualitas pelayanan, kemudahan dan kepedulian terhadap nasabah sebagai mitra usaha.
4.      Meningkatkan Kesejahteraan dan Keharmonisan Karyawan yang berbudaya dan berwawasan luas dengan menanamkan budaya, visi dan 8 dimensi nilai-nilai perilaku.

B.           Struktur Organisasi
Struktur Organnisasi merupakan suatu gambaran yang memperlihatkan aspek – aspek yang penting dari suatu organisasi. Struktur organisasi dibentuk dengan tujuan untuk menciptakan koordinasi, komunikasi dalam kerjasama yang lain antara para karyawan sehingga dapat mencapai tujuan di perusahaan.
Kegiatan suatu organisasi atau perusahaan akan tercemin dalm struktur organisasinya. Struktur organisasi harus mencerminkan suatu kerangka kerja yang melukiskan adanya suatu pembagian kerja, penggolongan kegiatan dalam bagian – bagiannya sehingga dapat menggambarkan suatu kerjasama dalam mencapai tujuannya.
Struktur organisasi disusun untuk membantu pencapaian organisasi dengan lebih efektif. Tujuan organisasi ini akan menentukan struktruk organisasi, yaitu untuk menentukan pekerjaan, hubungan antar tugas, batas wewenang dan tanggung jawab untuk menjalankan tugas masing – masing. Adapun struktur organisasi yang terdapat pada Toko Orlando adalah sebagai berikut :
Gambar 4.1 Struktur Organisasi
1.            Tugas dan Tanggung Jawab
Sedangkan penjelasan dari wewenang dan tugas dari tiap-tiap jabatan dalam perusahaan adalah sebagai berikut :
a.       Kepala Toko
1)      Memimpin, mengkoordinasikan dan mengawasi seluruh kegiatan
2)      Memimpin rapat perusahaan dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan perusahaan.
3)      Menyusun rencana kerja perusahaan.
4)      Pengambilan keputusan tertinggi dalam perusahaan.
b.      Kepala admin
Melakukan pencatatan terhadap sumber daya manusia dalam penilaian kinerja karyawan serta pencapaian target-target perusahaan serta malaporkan hasil kegiatannya kepada pemimpin.
c.       Kepala gudang
1)      Membuat laporan pemasukan serta pengeluaran barang
2)      Membuat agenda berjalan yang akan diberikan kepada bagian keuangan
d.      Kepala kasir
1)      Membuat laporan keuangan serta pengeluaran barang
2)      Mengawasi dan mengatur keluar masuk keuangan
3)      Bertanggung jawab atas segala laporan penjualan barang
e.       Admin keuangan
1)      Membuat laporan gaji karyawan
2)      Membuat laporan pengeluaran dan pemasukan keuangan dalam perusahaan.
3)      Memberikan data keuangan kepada kepala admin.
f.       Admin gudang
1)      Membuat laporan pemasukan serta pengeluaran barang
2)      Mengatur semua kegiatan karyawan khususnya bagian gudang
3)      Bertanggung jawab atas semua barang dalam gudang
4)      Memberikan data stok barang kepada kepala admin
g.      Staff gudang
1)      Mengecek persediaan barang dalam gudang.
2)      Menyusun segala perlengkapan barang serta menjaga keamanan barang.
3)      Mengecek kondisi barang yang dikirim supplier.
h.      Kasir jual
1)      Membuat laporan penjualan barang.
2)      Membuat factor pelanggan.
i.        Kasir gudang
1)      Menerima barang yang akan dipesan oleh pelanggan
2)      Mengecek persediaan barang didalam gudang

C.          Proses Bisnis Sistem Berjalan
Proses kegiatan sistem berjalan yang saat ini diterapkan pada Toko Elektronik Orlando belum menggunakan sebuah aplikasi pendukung yang khusus, Pencarian data barang elektronik masih dilakukan secara manual. Pada tahap ini penulis menganalisa kegiatan-kegiatan yang sedang berjalan pada sistem Toko Elektronik Orlando. Hal ini dilakukan dengan mengidentifikasikan permasalahan yang ada, yaitu :

1.            Daftar
Pelanggan yang ingin memesan barang Elektronik diharuskan daftar terlebih dahulu kebagian penjualan. Apabila belum terdaftar, bagian penjualan membuat daftar pelanggan baru. Dan apabila pelanggan sudah terdaftar maka bagian penjualan memverifikasikan pesanannya,setelah itu bagian penjualan membuat pesanan dari daftar barang yang akan dibeli, kemudian bagian penjualan menyiapkan faktur, faktur diberikan ke bagian gudang untuk memverifikasikan barang Elektronik yang dipesan.
2.            Meminta Faktur
Apabila pelanggan sudah terdaftar maka bagian penjualan  memverifikasikan pesanan barang Elektronik, setelah itu bagian penjualan membuat pesanan dari daftar barang yang akan dibeli, kemudian bagian penjualan  menyiapkan faktur, faktur diberikan ke bagian gudang untuk memverifikasikan barang Elektronik yang dipesan.
3.            Laporan
Setelah melalui proses tersebut data-data yang ada dalam sistem dikelola oleh pihak manajemen mulai dari daftar pelanggan, penjual sampai pembelian barang Elektronik dicatat untuk pembuatan laporan oleh bagian Admin yang akan diberikan kepada Kepala Toko.


D.          Aturan Bisnis Sistem Berjalan
Untuk lebih memahami bagaimana prosedur sistem berjalan pada Toko Elektronik Orlando, berikut ini adalah penjelasan secara garis besar yang digambarkan dalam tiga proses utama yang masih dilakukan secara manual oleh Toko Elektronik Orlando, yaitu :
1.            Proses Pendataan Supplier
Proses Pendaftaran identitas supplier ini dilakukan untuk melakukan pendataan para pemasok barang dengan secara detail agar tidak terjadi segala hal yang tidak dharapkan seperti penipuan.
2.            Proses Pendataan Barang Masuk
Proses ini dilakukan untuk mengetahui jumlah pasokan barang masuk maupun penambahan jumlah pasokan sehingga dapat dilakukan sebuah pencatatan secara rinci.
3.            Proses Pendataan Barang Keluar
Proses ini untuk mengetahui jumlah barang yang keluar sehingga dapat di data dalam agenda bulanan sesuai rincian barang pasokan yang masuk.

E.           Analisis Masukan dan Keluaran
1.            Analisis Masukan (Input)
a.       Pendataan Supplier
Sumber            : Administrasi
Media              : Kertas
Isi                    : Data Identitas Supplier
Fungsi             : Sebagai daftar keanggotaan supplier
b.      Pendataan Barang Masuk
Sumber            : Gudang
Media              : Kertas
Isi                    : Datang Barang masuk
Fungsi             : Sebagai Pendataan Barang Masuk
c.       Pendataan Barang Keluar
Sumber            : Gudang
Media              : Kertas
Isi                    : Data Barang Keluar
Fungsi             : Sebagai Pendataan Barang Keluar
d.      Pendataan Pembelian Barang
Sumber            : Supplier
Media              : Kertas
Isi                    : Data Pembelian Barang
Fungsi             : Sebagai Data Pencatatan Transaksi Barang

2.            Analisis Keluaran (Output)
Laporan
a.       Administrasi
Sumber            : Administrasi
Media              :  Kertas
Isi                    : Laporan Data Supplier
b.      Barang
Sumber            : Gudang
Media              : Kertas
Isi                    : Laporan Barang Masuk dan Keluar

F.           Analisa Sistem Berjalan
1.      Diagram Konteks Sistem Berjalan
Gambar 4.2 Diagram Konteks Sistem Berjalan

2.     

Diagram Nol
Gambar 4.3 Diagram Nol Sistem Berjalan


3.      Diagram Rinci
a.       Diagram Rinci Level 1 Proses 1.0
Gambar 4.4 Diagram Rinci Level 1 Proses 1.0

b.      Diagram Rinci Level 1 Proses 2.0
Gambar 4.5 Diagram Rinci Level 1 Proses 2.0

c.       Diagram Rinci Level 3 Proses 3.0
Gambar 4.6 Diagram Rinci Level 1 Proses 3.0
d.      Diagram Rinci Level 4 Proses 4.0
Gambar 4.7 Diagram Rinci Level 1 Proses 4.0


e.       Diagram Rinci Level 5 Proses 5.0
Gambar 4.8 Diagram Rinci level 1 proses 5.0

G.          Kamus Data Sistem Berjalan
1.      Kamus Data Masukan
a.       Data Barang
Nama Alir Data              :  Data Barang
Bentuk Data                   :  Buku dan kertas
Arus Data                       :  Pelanggan-proses pemesanan-bagian penjualan
Struktur Data                 :  @kd_brg+ nm_brg
Penjelasan                      :  Data pemesanan yang diberikan oleh pelanggan, supplier kepada karyawan toko sebagai bukti telah melakukan transaksi pembayaran.
Periode                           :  Setiap ada pemesanan barang
b.      Pembayaran
Nama Alir Data              :  Pembayaran
Bentuk Data                   :  Buku dan kertas
Arus Data                       :  Pelanggan-proses pembayaran-bagian penjualan
Struktur Data                 :  jml_brg + nm_brg + hrg_brg + jml_total
Penjelasan                      :  Pembayaran total jumlah barang yang diberikan oleh pelanggan
Periode                           :  Setiap ada transaksi penjualan

2.      Kamus Data Keluaran
a.       Nota Pembelian Barang
Nama Alir Data              :  Nota Pembelian Barang
Bentuk Data                   :  Buku dan kertas
Arus Data                       :  Bagian penjualan-proses cetak nota pembelian-pelanggan
Struktur Data                 :  @no_nota + jml_brg + nm_brg + hrg_brg + jml_total
Penjelasan                      :  Bukti pembayaran atau kwitansi yang harus dibayarkan
Periode                           :  Setiap melakukan transaksi
b.      Laporan
Nama Alir Data              :  Laporan transaksi penjualan
Bentuk Data                   :  Buku dan kertas
Arus Data                       :  Bagian penjualan - proses laporan –pimpinan
Struktur Data                 :  no_lpr + judul_lpr + data_transaksi
Penjelasan                      :  Pembukuan transaksi penjualan
Periode                           :  Terjadwal secara periodic

H.          Spesifikasi Proses Sistem Berjalan
Spesifikasi sistem menjelaskan dan menguraikan proses terkecil dari proses penjualan barang-barang Elektronik pada Toko Orlando Seperti proses berikut :
1.      Proses                       :  1.0
Nama Proses             :  Pemesanan
Masukan                   :  Data Barang
Keluaran                   :  Terima Data Barang
Ringkasan proses      :  Pemesanan barang yang diajukan oleh pelanggan
2.      Proses                       :  2.0
Nama Proses             :  Penyerahan
Masukan                   :  Data barang pemesanan, barang pemesanan, barang
Keluaran                   :  Terima data barang pesanan, terima barang pesanan, terima barang
Ringkasan proses      :  Perakitan, penyerahan, dan pengiriman barang yang dipesan
3.      Proses                       :  3.0
Nama Proses             :  Pembayaran
Masukan                   :  Pembayaran, Nota Pembelian
Keluaran                   :  Terima pembayaran, terima nota pembelian
Ringkasan proses     :  Laporan data transaksi yang terjadwal secara priodik
4.      Proses                       :  2.2
Nama Proses             :  Cetak Kwitansi
Masukan                   :  Kwitansi
Keluaran                   :  Kwitansi, data kwitansi, data barang
Ringkasan proses      :  Kasir memberikan kwitansi kepada pelanggan, lalu  dicetak dan disimpan di data kwitansi.
5.      Proses                       :  3.1
Nama Proses             :  Input Nama Barang
Masukan                   :  Daftar Barang
Keluaran                   :  Cek stock, data barang
Ringkasan proses     :  Kasir memberikan daftar barang yang akan dikeluarkan dan dicek stock oleh bagian gudang.
6.      Proses                       :  3.2
Nama Proses             :  Cek Barang
Masukan                   :  Daftar Barang
Keluaran                   :  Barang keluar, data barang
Ringkasan proses     :  Bagian gudang melihat daftar barang dan  mengecek daftar stock, jika stok ada barang dikeluarkan kebagian kasir.
7.      Proses                       :  4.1
Nama Proses            :  Buat Laporan
Masukan                   :  Data kwitansi, data barang, data stock kosong
Keluaran                   :  Data laporan
Ringkasan proses     :  Mengambil data kwitansi, data barang, dan data stock kosong untuk dibuat laporan dan di masukan kembali ke data laporan
8.      Modul                      :  4.2
Nama Modul            :  Cetak Laporan
Masukan                   :  Data laporan
Keluaran                   :  Laporan
Ringkasas proses      :  Mengambil data laporan dan dicetak menjadi laporan lalu diserahkan kepada pemimpin.

I.             Analisis Basis Data Sistem Berjalan
Kumpulan file-file yang mempunyai kaitan antara satu file dengan file lain sehingga membentuk suatu bangunan data untuk mendefinisikan suatu perusahanaan atau instansi dalam batasan tertentu.
1.      Nama File Table          :  Pelanggan
Media                          :  Hardisk
Organisasi                   :  Index Sequential
Primary key                 :  no_id
Panjang Record           :  10 + 100 + 100 = 210 Byte
Jumalah Record          :  250 Record
Struktur                       :
Tabel 4.1 Pembeli
NO.
Nama Field
Jenis
Lembar
Desimal
Keterangan
1
No_ID*
Char
10
-
no_id
2
Nama
Varchar
100
-
nama_pelanggan
3
Alamat
Varchar
100
-
alamat_pelanggan

2.      Nama File Table          :  Supplier
Media                          :  Hardisk
Organisasi                   :  Index Sequential
Primary key                 :  id_supplier
Panjang Record           :  10 + 100 + 100 + 100 + 15 = 325 Byte
Jumlah Record            :  7800 Record
Struktur                       :
Tabel 4.2 Supplier
NO.
Nama Field
Jenis
Lembar
Desimal
Keterangan
1
ID_ Supplier *
Char
10
-
id_supplier
2
Nama supplier
Varchar
100
-
nama_supplier
3
Alamat
Varchar
100
-
alamat_ supplier
4
Email
Varchar
100
-
email_ supplier
5
Telepon
Varchar
15
-
Telepon_ supplier



3.      Nama File Table          :  Barang
Media                          :  Hardisk
Organisasi                   :  Index Sequential
Primary key                 :  id_barang
Panjang Record           :  10 + 100 + 15 = 125 Byte
Jumlah Record            :  3000 Record
Struktur                       :
Tabel 4.3 Barang
NO.
Nama Field
Jenis
Lembar
Desimal
Keterangan
1
ID_Barang
Char
10
-
id_ barang
2
Nama Barang
Varchar
100
-
nama_barang
3
Jenis Barang
Varchar
100
-
Jenis_barang

4.      Nama File Table          :  Barang Masuk
Media                          :  Hardisk
Organisasi                   :  Index Sequential
Primary key                 :  no_nota
Foreign key                 :  id_barang, id_supplier
Panjang Record           :  10 + 30 + 10 + 10 = 60Byte
Jumlah Record            :  1440 Record
Struktur                       :
Tabel 4.4 Barang Masuk
NO.
Nama Field
Jenis
Lembar
Desimal
Keterangan
1
No_nota*
Char
10
-
no_nota
2
Tanggal Masuk
Varchar
30
-
tgl_msk
3
Id Barang**
Char
10
-
id_barang
4
Id Supplier**
Char
10
-
Id_supplier
5
Total
Double
-
0
total_barang

5.      Nama File Table          :  Detail Barang Masuk
Media                          :  Hardisk
Organisasi                   :  Index Sequential
Forein key                   :  no_nota, kode_barang
Panjang Record           :  10 + 10 = 20 Byte
Jumlah Record            :  480Record
Struktur                       :
Tabel 4.5 Detail Barang Masuk
NO.
Nama Field
Jenis
Lembar
Desimal
Keterangan
1
No_nota**
Char
10
-
no_nota
2
Kode Barang**
Char
10
-
kd_brg
3
Jumlah
Double
-
-
jml_brg
4
Subtotal
Double
-
-
subtotal_brg

6.      Nama File Table          :  Jenis
Media                          :  Hardisk
Organisasi                   :  Index Sequential
Primary key                 :  Kode_jenis
Panjang Record           :  10 + 160 = 20 Byte
Jumlah Record            :  480 Record
Struktur                       :
Tabel 4.6 Jenis
NO.
Nama Field
Jenis
Lembar
Desimal
Keterangan
1
Kode jenis*
Char
10
-
kd_jenis
2
Jenis
Varcahar
150
-
jenis_brg

7.      Nama File Table          :  Bagian Penjualan
Media                          :  Hardisk
Organisasi                   :  Index Sequential
Primary key                 :  no_faktur
Foregn key                  :  id_supplier
Panjang Record           :  10 + 30 + 10 = 50 Byte
Jumlah Record            :  1200 Record
Struktur                       :
Tabel 4.7 Bag. Penjualan
NO.
Nama Field
Jenis
Lembar
Desimal
Keterangan
1
No Faktur*
Char
10
-
no_faktur
2
Tgl Penjualan
Varcahar
30
-
tgl_penjualan
3
Id Petugas**
Char
10
-
id_ptgs
4
Bayar
Double
-
-
pembayaran
5
Sisa
Double
-
-
sisa_penjualan
6
Total
Double
-
-
total­_penjualan

8.      Nama File Table          :  Detail Penjualan
Media                          :  Hardisk
Organisasi                   :  Index Sequential
Foreign key                 :  no_faktur, kode_barang
Panjang Record           :  10 + 10 = 20 Byte
Jumlah Record            :  480 Record
Struktur                       :
Tabel 4.8 Detail Penjualan
NO.
Nama Field
Jenis
Lembar
Desimal
Keterangan
1
No Faktur*
Char
10
-
no_faktur
2
Kode Barang**
Varcahar
30
-
tgl_penjualan
3
Id Supplier
Char
10
-
id_spplr
4
Jumlah
Double
-
-
pembayaran
5
Subtotal
Double
-
-
sisa_penjualan

J.            Analisis Permasalahan
Setelah meneliti dan mengamati sistem penjualan yang ada pada Toko Orlando, maka penulis dapat menyimpulkan permasalahan yang dihadapi oleh Toko Orlando, Yaitu:
1.      Penyimpanan data penjualan Barang – barang Elektronik yang dilakukan selama ini masih disimpan dalam bentuk kertas. Hal ini menyebabkan lamanya waktu yang dibutuhkan untuk mencari data, data mudah hilang ataupun rusak. Sehingga pembuatan laporan menjadi tidak tepat waktu dan tidak akurat.
2.      Pengelolahan data pelanggan kurang lengkap / detail karena masih menggunakan sistem manual, sehingga pelayanan tidak efisien dan membutuhkan waktu lebih lama.
3.      Stok Barang – barang Elektronik di gudang sulit diketahui dengan cepat, hal ini terjadi karena tidak teraturnya pencatatan Barang – barang Elektronik yang masuk atupun keluar.

K.          Alternatif Penyelesaian Masalah
Berdasarkan masalah-masalah yang dihadap dalam melakuan penjualan Barang - barang Elektronik pada Toko Orlando, maka penulis memberikan alternative penyelesaian masalah yaitu :
1.      Perancangan aplikasi penjualan Barang - barang Elektronik untuk mengoptimalkan proses penjualan. Selain lebih praktis, penjualan Barang Elektronik dapat lebih aman.
2.      Dengan adanya sistem baru diharapkan kinerja staff bagian akan meningkat, dan akan mempermudah untuk melakukan proses penjualan, pencarian Barang - barang Elektronik dan dapat dengan cepat mengetahui stok Barang - barang Elektronik yang tersedia serta menghasilkan laporan lebih cepat dan akurat.
3.      Memudahkan pembuatan laporan penjualan Barang - barang Elektronik  keluar. Hal tersebut dapat mempercepat melakukan rekap dan penjualan barang pada Toko Orlando.
4.      Dalam hal ini penulis berusaha untuk melakukan penyesuaian rancangan basis data, keamanan dan rancangan antarmuka sesuai kebutuhan.
5.      Mempermudah Kepala Toko dalam memonitorkan penjualan secara langsung tanpa harus menunggu lama dalam pembuatan perbandingan laporan dari staff sehingga proses pengerjaan pun relatif leih mudah.

Dengan adanya sistem tersebut diatas, diharapkan permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan dapat teratasi dengan baik sehingga kinerja administrasi penjualan barang - barang Elektronik pada Toko Orlando akan lebih cepat, akurat, dan tepat sehinga proses pengambilan keputusan terhadap penjualan dapat lebih baik dan obyektif. Penulis akan menjelaskan lebih detail perancangan sistem yang diusulkan.

L.           Aturan Bisnis Sistem Usulan
Aturan bisnis sistem usulan dalam aplikasi penjualan adalah sebagai berikut:
1.      Proses Pendaftaran Supplier
Proses ini adalah dimana pihak administrasi mendata setiap data supplier. Dimana pendaftaran tersebut untuk memenuhi berbagai persyaratan kerja sama dengan pihak supplier.
2.      Proses Pendaftaran Barang Masuk
Proses ini membutuhkan sebuah klasifikasi dan sebuah sistem untuk menstabilkan jumlah barang masuk dan jumlah barang keluar secara langsung tanpa melakukan perubahan data pada tabel barang keluar.

3.      Proses Pendataan Barang Keluar
Untuk dapat mempermudah Toko Orlando, maka diperlukan sebuah perancangan sistem yang otomatis mencatat jumlah pengeluaran dengan barang yang ada pada persediaan. Oleh karena itu rancangan tersebut akan diterapkan pada proses ini.
a.       Rancangan Kebutuhan Perangkat (Hardware)
Untuk bisa menjalankan sistem, maka hardware yang direkomendasi adalah sebagai berikut:
1)      Satu set lengkap perangkat komputer yang memiliki spesifikasi sebagai berikut:
a)      Pentium IV 2.7 GHz.
b)      RAM 1 Gb
c)      Harddisk 160 Gb
d)     Monitor SVGA dengan resolusi layar minimal 1024 x 768
e)      Keyboard dan Mouse
f)       CD Rom
2)      Printer, sebagai perangkat untuk mencetak laporan.
b.      Rancangan Kebutuhan Perangkat Lunak (Software)
Adapun perangkat lunak untuk menjalankan program ini adalah:
1)      Sistem operasi Windows 98/2000/Me/XP.
2)      Xampp untuk server host database.
3)      Aplikasi i-Report 4.0.1 untuk pembuatan laporan.
4)      MySQL 5.0 untuk pembuatan Database.
M.         Rancangan Memasukan (input) dan Keluaran (output)
Rancangan Memasukan dan Keluaran dilakukan untuk mengetahui dokumen-dokumen apa saja yang digunakan dan dihasilkan sistem aplikasi penjualan barang-barang Elektronik pada Toko Orlando.
1.      Rancangan Memasukan
Rancangan memasukan atau Dokumen Input merupakan dokumen yang diterima oleh sistem dari pihak terkait dan dapat menjadi masukan untuk proses selanjutnya, Dokumen Input terdiri dari:
a.       Nama Masukan           :  Data Identitas Supllier
Sumber                        :  Administrasi
Media                          :  Kertas dan data
Fungsi                         : Sebagai bukti bahwa supllier tersebut telah terdaftar
b.      Nama Masukan           :  Data Barang Masuk
Sumber                        :  Gudang
Media                          :  Kertas dan data
Fungsi                         :  Sebagai pendaftaran data barang masuk
c.       Nama Masukan           :  Data Barang Keluar
Sumber                        :  Gudang
Media                          :  Kertas dan data
Fungsi                         :  Sebagai pendataan barang keluar
2.      Rancangan Keluaran
a.       Nama Keluaran           :  Data taransaksi barang masuk dan keluar
Sumber                        :  Gudang keuangan
Media                          :  Kertas dan data
Fungsi                         :  Sebagai laporan keseluruhan kegiatan proses barang
b.      Nama Keluaran           :  Laporan data supllier
Sumber                        :  Gudang
Media                          :  Kertas dan data
Fungsi                         :  Sebagai laporan data supllier
c.       Nama Keluaran           :  Struk (Bukti Penjualan)
Sumber                        :  Kasir
Media                          :  Kertas dan data
Fungsi                         :  Sebagai bukti penjualan
d.      Nama Keluaran           :  Laporan pemasukan barang
Sumber                        :  Admin
Media                          :  Kertas dan data
Fungsi                         :  Sebagai laporan pemasukan barang
e.       Nama Keluarana         :  Laporan Penjualan
Sumber                        :  Gudang
Media                          :  Kertas dan data
Fungsi                         :  Sebagai laporan penjualan barang



N.          Diagram Sistem Yang Diusulkan
1.      Diagram Konteks Sistem Usulan
Gambar 4.9 Diagram Konteks Sistem Usulan











2.      Diagram Nol Sistem Usulan
            Gambar 4.10 Diagram Nol Sistem Usulan


3.      Diagram Rinci Usulan
a.       Diagram Rinci Proses 1.0
Gambar 4.11 Diagram Rinci Level 1 Proses 1.0

b.      Diagram Rinci Proses 2.0
Gambar 4.12 Diagram Rinci Level 1 Proses 2.0
c.       Diagram Rinci Proses 3.0
Gambar 4.13 Diagram Rinci Level 1 Proses 3.0


d.      Diagram Rinci Proses 4.0
Gambar 4.14 Diagram Rinci Level 1 Proses 4.0

O.          Kamus Data Sistem Yang Diusulkan
1.      Kamus Data Masukan
a.       Nama Arus Data            : Data barang
Bentuk                     :  Buku dan Kertas
Arus Data                 :  Manajer-Proses 1.0-Karyawan
Struktur Data           :  kode barang + nama barang + satuan + harga
Penjelasan                :  Untuk informasi penjualan
Periode                     :  Setiap transaksi penjualan dan pengadaan
b.      Nama Arus Data      :  Data Pemesanan
Bentuk                     :  Buku dan Kertas
Arus Data                 :  Pelanggan-Proses 2.0-Karyawan
Struktur Data           :  no + nama barang + jumlah + keterangan + qty+ harga total
Penjelasan                :  Untuk data penjualan
Periode                     :  Setiap pelanggan memesan
c.       Nama Arus Data      :  Data Pembayaran
Bentuk                     :  Buku dan Kertas
Arus Data                 :  Pelanggan-Proses2.0-Karyawan
Struktur Data           :  faktur +product +tanggal +customer + total + qty+ diskon +harga+ subtotal + total bayar
Penjelasan                :  Untuk data penjualan
Periode                     :  Setiap transaksi pembayaran
d.      Nama Arus Data      :  Data Pemesanan Barang
Bentuk                     :  Buku dan Kertas
Arus Data                 :  Manajer-Proses 3.0-supplier
Struktur Data           :  no_nota + product + tanggal + qty + total + harga + total bayar + nama barang
Penjelasan                :  Untuk data penjualan
Periode                     :  Setiap transaksi pembayaran
e.       Nama Arus Data      :  Kwitansi pembayaran
Bentuk                     :  Buku dan Kertas
Arus Data                 :  Supplier-Proses 3.0-Manager
Struktur Data           :  no faktur + kode barang + nama barang + kode supplier + nama supplier + qty + harga + no telepon
Penjelasan                :  Untuk pembayaran barang pesanan
Periode                     :  Setiap terjadi transaksi pemesanan barang
2.      Kamus Data Keluaran
a.       Nama Arus Data      :  Struk Pemesanan
Bentuk Data             :  Buku dan Kertas
Arus Data                 :  Karyawan-Proses 3.0-Pelanggan
Struktur Data           :  no + tempat + tanggal + faktur + qty + keterangan + harga
Penjelasan                :  Sebagai bukti pemesanan barang
Periode                     :  Setiap terjadi pemesanan barang
b.      Nama Arus Data      :  Kwitansi Pembayaran
Bentuk Data             :  Buku dan Kertas
Arus Data                 :  Karyawan-Proses 2.0-Pelanggan
Struktur Data           :  faktur + tempat + tanggal + product + customer Qty + nama kasir + total bayar
Penjelasan                :  Sebagai bukti pembelian barang
Periode                     :  Setiap terjadi transaksi pembayaran
c.       Nama Arus Data      :  Nota Pesanan
Bentuk Data             :  Buku dan Kertas
Arus Data                 :  Manager-Proses 3.0-Supplier
Struktur Data           : no nota + kode barang + nama barang + jenis + merek  + qty
Penjelasan                :  Untuk pemesanan barang
Periode                     :  Setiap terjadi transaksi penjualan
d.      Nama Arus Data      :  Laporan Penjualan
Bentuk Data             :  Buku dan Kertas
Arus Data                 :  Manager-Proses 5.0-Pemilik
Struktur Data           :  no + faktur + tanggal + customer + total + Grantotal
Penjelasan                :  Sebagai bukti laporan penjualan
Periode                     :  Satu bulan sekali
e.       Nama Arus Data      :  Laporan Pembelian
Bentuk Data             :  Buku dan Kertas
Arus Data                 :  Manager-Proses 5.0-Pemilik
Struktur Data           :  kode barang + tanggal + nama barang + merek + Supplier + harga +  qty + total
Penjelasan                :  Sebagai bukti laporan pembelian
Periode                     :  Satu bulan sekali

P.           Spesifikasi Proses Sistem Yang Diusulkan
Merupakan alur kegiatan sistem yang diusulkan, guna mengetahui proses data oprasional dari input sebagai output. Bagan alur proses dari sistem yang dapat dilihat pada gambar rinci, dimana proses-proses primitifnya adalah:
a.       Proses                             :  1.1
Nama Proses                  :  Input data barang dan persediaan
Masukan                         :  Data barang
Keluaran                         :  Database  barang
Uraian                            :  Manager memasukan data-data barang dan data persediaan barang kemudian dibuatkan database untuk informasi karyawan
b.      Proses                             :  1.2
Nama Proses                  :  Buat informasi data barang
Masukan                         :  Database barang
Keluaran                         :  Data Barang
Uraian                            :  Karyawan menerima data barang yang akan dijual dari database barang yang dibuat oleh manajer.
c.       Proses                             :  2.1
Nama Proses                  :  Inputan data pesanan
Masukan                         :  Data pesanan, database barang
Keluaran                         :  ­-
Uraian                            :  Database barang sebagai data pendukung dan data pesanan pelanggan diinput oleh karyawan dan dimasukkan ke dalam database penjualan.
d.      Proses                             :  2.2
Nama Proses                  :  Input Data Pembayaran
Masukan                         :  data pembayaran, terima pembayaran
Keluaran                         :  -
Uraian                            :  Karyawan menerima data pesanan barang dari pelanggan dan menerima pembayaran dari pelanggan sesuai harga barang
e.       Proses                             :  2.3
Nama Proses                  :  Cetak Kwitansi Pembayaran
Masukan                         :  Data pembayaran
Keluaran                         :  Kwitansi pembayaran
Uraian                            :  Pelanggan membayar sejumlah yang tertera di nota pemesanan dan dimasukan ke database penjualan.
f.       Proses                             :  2.4
Nama Proses                  :  Update Data Barang
Masukan                         :  -
Keluaran                         :  Data penjualan
Uraian                            :  Setelah dibuatkan kwitansi pembayaran maka secara otomatis akan terupdate database persediaan barang dan database penjualan.
g.      Proses                             :  3.1
Nama Proses                  :  Cek Persediaan
Masukan                         :  Data pesanan barang
Keluaran                         :  Data pesanan barang
Uraian                            :  Manager memeriksa persediaan barang pada database barang kemudian dimasukan kedalam database barang habis
h.      Proses                             :  3.2
Nama Proses                  :  Pesanan Barang
Masukan                         :  -
Keluaran                         :  Nota pesanan
Uraian                            :  Supplier menerima nota pesanan dari hasil inputan database supplier dan database barang habis.
i.        Proses                             :  3.3
Nama Proses                  :  Terima Nota Pembelian
Masukan                         :  update barang masuk
Keluaran                         : Barang Pesanan, Nota pembayaran
Uraian                            :  Barang dikirim supplier dan diterima oleh manager lalu diinput kedalam database barang dan barang masuk.
j.        Proses                             :  3.4
Nama Proses                  :  Update Persediaan Barang
Masukan                         :  Nota Pembelian
Keluaran                         :  Tanda terima barang
Uraian                            :  Barang diterima oleh manager kemudian Dibuatkan tanda terima barang untuk supplier
k.      Proses                             :  4.1
Nama Proses                  :  Buat Laporan Penjualan
Masukan                         :  Laporan Penjualan
Keluaran                         :  Laporan Penjualan
Uraian                            :  Manajer membuat laporan penjualan barang yang habis terjual kepada pimpinan.
l.        Proses                             :  4.2
Nama Proses                  :  Buat Laporan Pembelian
Masukan                         :  Laporan Pembelian
Keluaran                         :  Laporan Pembelian
Uraian                            :  Manajer membuat laporan pembelian barang serta memlapirkan bukti pembelian kepada pimpinan

Q.          Bagan Terstruktur Sistem Usulan
 Gambar 4.15 Bagan Terstruktur Informasi Persediaan Barang

 

Gambar 4.16 Bagan Terstruktur Input Data Pesanan

 Gambar 4.17 Bagan Terstruktur Input Data Pembayaran
 Gambar 4.18 Bagan Terstruktur Cetak Kwitansi Penjualan

 Gambar 4.19 Bagan Terstruktur Update Data Persediaan Barang
Gambar 4.20 Bagan Terstruktur Cek Persediaan Barang
 Gambar 4.21 Bagan Data Pesanan

 Gambar 4.22 Bagan Terstruktur Terima Nota Pembelian
 Gambar 4.23 Bagan Terstruktur Update Data Persediaan

 Gambar 4.24 Bagan Terstruktur Laporan Penjualan
R.          Spesifikasi Modul Sistem yang Diusulkan
Spesifikasi modul menjelaskan modul-modul yang ada didalam aplikasi sistem.
1.      Modul Input Data Barang dan Persediaan Barang
Mulai
         Kerjakan modul input data barang
         Buka data barang
         Input data barang
         Jika ada maka
         Tampilkan Pesan “Data Barang Sudah Ada”
         Jika belum ada maka
         Simpan database barang
         Tutup data barang
Selesai
2.      Modul Penjualan Barang
Mulai
         Kerjakan modul inputdata pesanan
         Buka data pesanan
         Input data pesanan
         Simpan data pesanan
         Cetak nota pesanan
         Inputdata penjualan
         Simpan data penjualan
         Cetak kwitansi penjualan
         Input data barang keluar
         Update data persediaan barang
         Tutup data barang keluar
         Tutup data penjualan
         Tutup data pesanan
Selesai
3.      Modul Pengadaan Barang
Mulai
         Kerjakan modul cek data barang
         Buka data barang
         Cari data stock minimum
         Jika ada maka
         Simpan data nota pembelian
         Cetak nota pembelian
         Jika tidak ada maka
         Tampilkan pesan “Jumlah Stock yang Tersedia”
         Kerjakan modul Input data barang masuk
         Update data barang
         Cetak tanda terima barang
         Cetak nota pembayaran
         Tutup data barang masuk
Selesai
4.      Modul Input Data Supplier
Mulai
         Kerjakan modul input data supplier
         Buka Supplier
         Input data supplier
         Jika ada maka
         Simpan data supplier
         Jika tidak ada maka
         Tampilkan pesan “Data Supplier Sudah Ada”
         Tutup data supplier
Selesai

5.      Modul Laporan Toko Orlando
Mulai
         Kerjakan modul laporan barang
         Buka laporan barang
         Baca data barang
         Cetak laporan barang
         Kerjakan modul laporan penjualan
         Buka lapoaran penjualan
         Baca data penjualan
         Cetak laporan penjualan
         Kerjakan modul laporan pengadaan barang
         Buka laporan pengadaan
         Baca data pengadaan
         Cetak laporan pengadaan
         Cetak laporan pengadaan
         Tutup laporan barang
         Tutup laporan penjualan
         Tutup laporan Pengadaan
Selesai

S.            Rancangan Basis Data Sistem Yang Diusulkan
1.      Normalisasi
a.      Bentuk Unnormal
Kd_supplier
Nama
Alamat
Telp
Harga
Total_harga
No_pembayaran
Kode_barang
Jns_barang
No_pembayaran
Kd_pemesanan
Kd_penjualan
Tanggal
Jml_barang
No_brg_masuk                       
Gambar 4.25 Bentuk Unnormal
b.      Normalisasi bentuk ke-1 (NF)
Gambar 4.26  Normalisasi Bentuk ke-1 (1NF)
c.       Normalisasi bentuk ke-2 (NF)

Gambar 4.27 Normalisasi Bentuk ke-2 (2NF)
2.         Entity Relationship Diagram (ERD)
Hubungan antara entitas dapat digambarkan dalam diagram ERD dibawah ini :
Gambar 4.28 Entity Relationship Diagram


T.           Rancangan Tabel Basis Data Yang Diusulkan
a.       Nama File                       :  customer
Media                             :  Hardisk
Isi                                   :  No Pelanggan
                                          Nama Pelanggan
                                          Alamat Lengkap
                                          No Telepon
Primary Key                   :  cust_id
Panjang record               :  20+25+50+20=115 Byte
Jumlah record                 :  2760 Record
Struktur Data                 :  cust_id+nama+alamat+telepon
Table 4.9 mstr_customer
Nama field
Panjang
Type
Keterangan
cust_id
20
Varchar
No pelanggan
nama
25
Varchar
Nama pelanggan
alamat
50
Varchar
Alamat lengkap
telepon
20
Integer
No telepon

b.      Nama File                       :  product
Media                             :  Hardisk
Isi                                   :  No Barang
                                          Nama Barang
                                          Jenis Barang
                                          Harga Satuan
                                          Jumlah
Primary Key                   :  prd_id
Panjang record               :  32+50+20+15= 117 Byte
Jumlah record                 :  2808 Record
Struktur Data                 :  prd_id+nama_barang+kategori+satuan+harga
Table 4.10 mstr_product
Nama field
Panjang
Type
Keterangan
prd_id
32
Varchar
No Barang
nama_barang
50
Varchar
Nama Barang
kategori
20
Varchar
Jenis Barang
satuan
15
Varchar
Harga Satuan
harga
-
Double
Jumlah Harga

c.       Nama File                       :  supplier
Media                             :  Hardisk
Isi                                   :  Nama Suplier
                                          Kode barang
                                          Merek barang
                                          Harga Satuan
                                          Jumlah Harga
                                          Alamat supplier
                                          No Telepon supplier
Primary Key                   :  kd_barang
Panjang record               :  50+30+20+25+50+15+50= 240 Byte
Jumlah record                 :  5760 Record
Struktur Data                 :  supplier + kd_barang + merek + satun + harga + alamat + telepon
Table 4.11 mstr_supplier
Nama field
Panjang
Type
Keterangan
supplier
50
Varchar
Nama Supplier
kd_barang
30
Varchar
Kode Barang
merek
20
Varchar
Merek Barang
satuan
25
Varchar
Harga Satuan
harga
-
Double
Jumlah Harga
alamat
50
Varchar
Alamat Supplier
telepon
15
Varchar
No Telepon Supplier
keterangan
50
Varchar
keterangan

d.      Nama File                       :  user
Media                             :  Hardisk
Isi                                   :  Id Karyawan
                                          Nama Karyawan
                                          Jenis Kelamin
                                          Tempat Kelahiran
                                          Tanggal Kelahiran
                                          Alamat Karyawan
                                          Password Login
Primary Key                   :  user_id
Panjang record               :  30+50+25+25+50+15+= 195 Byte
Jumlah record                 :  4680 Record
Struktur Data                 :  user_id+ nama + jenis_kelamin + tempat_lahir + tanggal_lahir + alamat + password + alamat + telepon + keterangan
Table 4.12 mstr_user
Nama field
Panjang
Type
Keterangan
user_id
30
Varchar
Id Karyawan
nama
50
Varchar
Nama Karyawan
jenis_kelamin
25
Varchar
Jenis Kelamin
tempat_lahir
25
Varchar
Tempat Kelahiran
tanggal_lahir
-
Datetime
Tanggal Kelahiran
alamat
50
Varchar
Alamat Karyawan
Paswword
15
Varchar
Password Login

e.       Nama File                       :  transaksi - transaksi penjualan
Media                             :  Hardisk
Isi                                   :  No Faktur
                                          Tanggal Transaksi
                                          Tipe Barang
                                          No Pelanggan
                                          Tanggal Kelahiran
Primary Key                   :  faktur
Panjang record               :  32+20+32+30= 114 Byte
Jumlah record                 :  2736 Record
Struktur Data                 :  faktur + tanggal + kategori + cust_id + user_id
Table 4.13 ttrs_penjualan
Nama field
Panjang
Type
Keterangan
faktur
32
Varchar
No Faktur
tanggal
-
Datetime
Tanggal Transaksi
kategori
20
Varchar
Tipe Barang
cust_id
32
Varchar
No Pelanggan
user_id
30
Varchar
Tanggal Kelahiran

f.       Nama File                       :  transaksi - transaksi pembelian
Media                             :  Hardisk
Isi                                   :  Kode Barang
                                          Nama Barang
                                          Merek
                                          Harga
                                          Jumlah
Primary Key                   :  kd_barang
Panjang record               :  30+25+20+30= 137 Byte
Jumlah record                 :  3288 Record
Struktur Data                 :  kd_barang + nama_barang + merek + harga + jumlah
Table 4.14 ttrs_pembelian
Nama field
Panjang
Type
Keterangan
kd_barang
30
Varchar
Kode Barang
nama_barang
25
Datetime
Nama Barang
merek
20
Varchar
Merek
harga
32
Varchar
Harga
Jumlah
30
Varchar
Jumlah

U.          Rancangan Layar
1.      Dekomposisi Rancangan Layar
Rancangan Dialog dari sistem diusulkan dapat dilihat dari gambar berikut. Rancangan dialog ini merupakan gambaran secara umum dari sistem yang diusulkan.
Gambar 4.29 Rancangan Antarmuka atau Dialog Layar









2.      Rancangan Design Masukan
a.       Rancangan Form Login
Gambar 4.30 Rancangan Login



b.      Rancangan Input Customer
Gambar 4.31 Rancangan Input Data Customer

c.       Rancangan Input Karyawan
Gambar 4.32 Rancangan Input Data Karyawan
d.      Rancangan Transaksi Penjualan
 
Gambar 4.33 Rancangan Input Transaksi Penjualan

Comments

cara menjadi sukses 1000% mujarap

contoh cover skripsi unindra